Usia Emas Meraih Masa Depan yang Cerah

Usia 20-an adalah waktu yang paling cocok untuk mulai serius menata masa depan yang lebih baik. Namun, di usia inilah banyak gangguan bermunculan yang membuat kamu susah fokus dalam menggapai mimpimu. Tapi, jika tekad sudah bulat yang dibarengi dengan usaha keras, semua gangguan tersebut akan mudah untuk dilalui.

Berikut tips yang dapat kamu lakukan agar focus dalam menggapai mimpi dan menjadikan masa depan lebih baik.

  • Yakin Terhadap Apa yang Ingin Dicapai

Usia 20-an identik dengan mereka yang berjiwa bebas. Hari ini mau A, besok bisa berubah menjadi B, hari berikutnya berubah lagi menjadi C. Semuanya dapat berubah tergantung pengaruh kondisi lingkungan dan kemampuan. Mau itu pegaruh baik atau buruk, semuanya bisa mengubah sesuatu yang sudah diimpikan.

Tujuan adalah yang utama! Kamu akan kesusahan dalam berambisi dan berjuang tanpa adanya tujuan yang jelas. Kamu akan menjadi manusia yang mudah terombang-ambing. Ingin itu, ingin ini, ingin semua, namun tidak jelas tujuannya.

Yakin dengan minat, bakat, dan keterampilanmu, dan tentukan tujuanmu. Berdiskusi dengan orang tua, keluarga, guru, dan teman adalah salah satu cara untuk mengetahui hal-hal yang terbaik untuk dirimu.

  • Taklukkan Gangguan

Banyaknya “gangguan” menjadi faktor yang dapat mengubah mimpimu dan membuatmu sulit fokus. Gangguan ini bisa datang dari dalam diri maupun dari lingkungan, seperti turunnya kepercayaan diri dan hilangnya motivasi dikarenakan lingkungan pertemanan atau bahkan dari lingkungan sekolah dan keluarga. Oleh karena itu, belajarlah dari orang tua dan guru dan cari tahu kemungkinan-kemungkinan gangguan yang mungkin akan muncul. Dengan begitu, kamu dapat menentukan sikap, kendali, dan tindakan pencegahan yang tepat ketika gangguan itu muncul.

  • Belajar dan Persiapkan Diri

Ketika kamu sudah yakin dengan mimpimu, cari tahu dan pelajarilah hal-hal yang dapat memudahkanmu untuk meraih mimpi tersebut. Tentu saja hal ini tidak mudah, butuh usaha yang keras dan waktu yang panjang agar kamu dapat memahami dan memperlajari sepenuhnya. Tapi paling tidak, kamu sudah satu lebih dekat dengan mimpimu.

Mempelajari semua yang kamu butuhkan tentunya butuh bantuan dari orang lain, diskusi bersama orang terdekat sangat membantu kamu untuk menemukan jawaban yang tepat atas pertanyaan yang kamu miliki.

  • Berhenti Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain.

Jalan setiap orang tentunya berbeda, progresmu tidak harus sama dengan orang lain, dan mimpimu adalah urusanmu. Percayalah pada diri sendiri, berjuanglah dengan segenap kemampuanmu, dan jangan biarkan orang lain menggangmu tekadmu. Mintalah bantuan dari keluarga dan orang terdekat yang kamu percaya dan nyaman dalam berdiskusi untuk mendapatkan solusi yang kamu butuhkan.

Pasti akan banyak orang yang akan meragukan dan meremehkan usaha dan tekadmu. Namun, pastikan semangatmu tetap berkobar dan buktikan pada mereka bahwa kamu akan meraih mempimu suatu saat nanti.

  • Berdoa

Tidak ada mimpi dan usaha yang terwujud tanpa bantuan doa yang terucap. Setelah niat yang kamu ucapkan, usaha keras yang kamu lakukan, maka berdoalah agar semua yang kamu lakukan adalah jalan yang terbaik untukmu.

Jangan pernah meremehan doa! Teruslah belajar, berusaha, jangan cepat puas, dan hindari sombong. Selalu jaga hubungan baik dengan orang-orang disekelilingmu dan tunggu suatu saat Allah SWT akan mewujudkan cita-citamu!